Jangan Takut Bersaing, Sikapi Dengan 4 Cara Ini!
November 5, 2016
5 Cara Branding Lewat Instagram yang Belum Anda Tahu
November 19, 2016

Ngobrolin soal keuangan memang sensitif, tapi perlu banget dibahas apalagi untuk bisnis. Kanefood punya beberapa tips dan trik yang bisa Anda gunakan untuk mengelola keuangan Anda, yuk dibaca!

  1. Pisahkan Keuangan Pribadi dan Bisnis

Kesalahan yang sering dilakukan oleh pengusaha dalam mengelola sistem keuangan adalah mencampur uang hasil usaha dengan uang pribadi. Mungkin bagi beberapa orang tidak masalah, tapi jika bisnis Anda semakin besar, justru Anda bisa terperangkap karena hal sepele ini. Anda akan sulit membedakan pengeluaran pribadi dan bisnis atau usaha Anda. Dampaknya? Selain bingung, keuangan Anda juga bisa jadi berantakan khususnya untuk bisnis Anda. So, pisahkan yaaa!

  1. Pembukuan yang Mudah

Maksudnya gini, sebaiknya memang keuangan tercatat dengan rapi dan tidak satu pun pemasukan atau pengeluaran tidak tercatat. Buatlah catatan keuangan Anda mudah dipahami, rapi, dan tidak merepotkan Anda sendiri. Anda tidak harus memiliki background akuntasi, namun pengetahuan tentang pembukuan bisa Anda dapat dari mana saja dan bisa Anda terapkan dengan mudah, kok.

  1. Kurangi Risiko Hutang

Siapa bilang bisnis tidak boleh hutang? Boleh!

Namun, hati-hati dengan hutang Anda, ketika kondisi keuangan bisnis Anda kurang baik maka beban cicilan hutang hanya akan memperburuk keadaan bisnis anda. Untuk itu jika pemasukan yang ada belum bisa memenuhi kebutuhan bisnis Anda, sebisa mungkin kurangi resiko berhutang.

  1. Kontrol Arus Keuangan

Last but not least, Anda harus rajin mengontrol arus keuangan bisnis Anda. Anda perlu memeriksa kondisi uang yang tersedia dan memastikan semuanya aman, secara berkala. Ada baiknya Anda memiliki administrasi yang terkontrol, Anda harus menetapkan prosedur keuangan untuk memastikan harta kekayaan pada bisnis Anda terjaga dengan baik.

Sedikit pengelolaan yang bagus, berdampak baik untuk kemajuan bisnis Anda.
Selamat berbisnis, mari semangat!

Sumber:
Bisnisukm.com
Tommcifle.com

Penulis:
A.K

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Chat dg Kami