5 Strategi Optimasi Twitter untuk Bisnis Online
December 31, 2016
Content Marketing, Manjakan Konsumen Untuk Melihat Bisnis Online Anda
January 14, 2017

Memiliki bisnis online memang gampang-gampang susah. Jasa atau layanan ekspedisi, adalah penunjang adanya bisnis online khususnya untuk Anda yang berbisnis produk siap kirim.

Kanefood punya tips untuk memilih ekspedisi apa yang tepat nih, bahkan kalau bisa nih, Anda sebaiknya bekerjasama atau menggandeng sebagai partner bisnis di setiap produk bisnis Anda yang akan Anda kirimkan.

  1. Sesuaikan Barang Kiriman dengan Model Jasa Ekspedisi

Anda harus tahu benar seperti apa barang yang akan Anda kirimkan. Apakah besar atau kecil, apakah berat atau ringan, kira-kira akan diperhitungkan beratnya atau volumenya. Nah, ada tiga jenis model jasa ekspedisi yaitu darat, laut, dan udara.

Biasanya, dalam pengiriman barang melalui jalur udara, kebanyakan dipakai untuk produk-produk yang urgensinya tinggi karena waktu pengirimannya yang singkat, namun biaya yang harus dikeluarkan juga biasanya cukup besar. Sedangkan untuk jalur darat dan laut, biasanya dipilih untuk pengiriman barang yang memiliki jumlah yang banyak serta bersifat tidak terlalu urgent.

  1. Cari Kelebihan dan Kekurangannya

Beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan adalah harga, seberapa lama proses sampai ke alamat, apakah benar akan sampai ke alamat yang dituju atau hanya sampai di kantor ekspedisi yang dituju, perhitungan volume, dan terkadang Anda harus mencari tahu seberapa aman dan terpercaya ekspedisi yang Anda pilih.

Anda bisa mencari tahu informasi tersebut dengan menghubungi secara langsung ekspedisinya, juga dengan browsing bagaimana ekspedisi tersebut ‘mengamankan’ paket Anda.

  1. Pilih Ekspedisi yang Memiliki Jaringan Banyak dan Luas

Sebagai pelaku bisnis online, pengetahuan tentang ekspedisi sangat diperlukan. Dengan ini, Anda bisa menawarkan ke customer Anda ekspedisi mana yang tepat untuk dipilih. Ada banyak ekspedisi yang memiliki jaringan banyak dan luas dengan harga yang terjangkau. Ada pula ekspedisi yang terjangkau untuk pengiriman ke beberapa daerah tertentu.

 

  1. Pilih Ekspedisi yang Mudah Dihubungi

Untuk memudahkan Anda serta customer Anda sebaiknya Anda memilih ekspedisi yang mudah untuk dihubungi perihal pengecekan status pengiriman dan ketika ada komplain mengenai paket. Pelayanan dari ekspedisi tersebut juga layak untuk dipertimbangkan, baik layanan teknologinya seperti adanya fitur pengecekan resi online serta layanan customer service atau call center-nya yang siap membantu.

Banyak ekspedisi yang bisa dipilih, maka pastikan Anda telah berdiskusi dengan customer untuk memilih ekspedisi yang tepat yaa. Informasikan kepada customer Anda sejelas mungkin tentang ekspedisi agar tidak salah dalam memilih.

Selamat berbisnis, semoga termotivasi!

Sumber:
Medium.com

Penulis:
A.K

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Chat dg Kami