Ciptakan “WOW” Untuk Produkmu Sendiri Dengan 5 Cara Ini!
July 22, 2017
Populer atau Menguntungkan? Maksimalkan Penggunaan Hashtags Untuk Bisnis Anda!
July 29, 2017
Kendala Kreatif

Berpikir kreatif dalam bisnis sangat diperlukan, perubahan atau improvisasi yang baik akan membawa Anda beserta bisnis Anda ke arah yang lebih baik pula. Jika Anda merasa Anda bukanlah orang yang kreatif, Anda keliru. Sebab setiap orang pasti memiliki sisi kreatifnya masing-masing.

Kreativitas tentu bisa dicari, dilatih, dan dipelihara. Namun pernahkah Anda merasa susah untuk berpikir kreatif? Tenang, Anda tidak sendirian. Banyak orang yang sebenarnya kreatif namun tidak bisa mengaplikasikan kreativitasnya. Dilansir dari Teamwork.id, berikut sudah Kanefood rangkum 6 kendala mengapa Anda susah berpikir kreatif.

  1. Anda memiliki tujuan, namun tujuan tersebut kurang jelas
Kendala Kreatif

via arilikeary.org

Ini adalah kendala pertama mengapa Anda susah berpikir kreatif. Iya, mungkin Anda sudah punya tujuan mau dibawa kemana bisnis Anda. Namun tujuan tersebut bisa jadi kurang jelas, masih rancu, atau masih buram. Maka tulislah tujuan Anda tersebut secara rinci atau lebih detail. Ketika tujuan Anda sudah jelas dan sasaran yang ingin dicapai sudah lebih fokus, maka pikiran kreatif Anda akan lebih hidup.

Baca juga: 6 Langkah Membuka Bisnis yang Semua Orang Bisa Lakukan

 

  1. Ketika akan melakukan sesuatu, Anda selalu diselimuti rasa takut untuk gagal
Kendala Kreatif

via globe-views.com

Perasaan takut untuk gagal juga kerap kali muncul setiap Anda akan melakukan sesuatu. Ini tentu akan menghambat kreativitas Anda. Jika sudah seperti ini, sebaiknya segera hilangkan. Tanamkan pikiran positif bahwa kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda. Tidak mungkin Anda sukses jika Anda tidak pernah gagal. Kalau masih diselimuti rasa takut gagal, bagaimana bisa Anda berpikir kreatif?

Baca juga: Terbitkan Mental Wirausaha, 6 Sikap Ini Bisa Anda Lakukan

 

  1. Perasaan takut ditolak dan waswas masih menjadi beban pikiran Anda
Kendala Kreatif

via kitamuda.id

Selain takut untuk gagal, Anda juga waswas takut ditolak. Takut dikritik, dicemooh, atau pikiran negatif lain yang kebanyakan berasal dari orang lain. Ingatlah, bahwa Anda tidak harus menyenangkan semua orang. Bisnis Anda harus terus berjalan khususnya untuk mencapai target atau tujuan Anda. Kanefood menyarankan, Anda tidak harus selalu mengikuti omongan orang lain, apalagi jika sudah negatif yang tidak logis, sebaiknya Anda tidak memedulikan. Jangan bebani pikiran Anda dengan pemikiran takut ditolak, sebab itu akan menyumbat jalannya pikiran kreatif.

Baca juga: Bisnis Itu Harus Saling Percaya

 

  1. Anda tidak bisa beradaptasi dengan situasi yang sangat tidak menentu
Kendala Kreatif

via kampuspencetakpengusaha.com

Sesuatu yang terjadi pada bisnis Anda akan selalu dinamis. Pada kondisi dan situasi yang tidak menentu, Anda dituntut untuk mencari jalan keluar yang kreatif. Dan itu harus Anda lakukan. Janganlah mengaggap hal ini sebagai masalah, namun anggaplah sebagai tantangan. Anda harus bisa beradaptasi dengan kondisi yang tidak terduga seperti ini. Sebuah penelitian menyebutkan, ada kendala utama pemikiran kreatif yang disebut homeostatis. Merupakan keinginan bawah sadar yang mendalam untuk tetap konsisten dengan apa yang telah dilakukan atau dikatakan di masa lalu. Hindari hal ini, sebab kreativitas itu muncul ketika ada situasi yang baru dan berbeda dari sebelumnya.

 

  1. Anda sudah banyak berpikir, namun mungkin kurang proaktif
Kendala Kreatif

via erickbio.wordpress.com

Lebih tepatnya, Anda masih pasif. Anda sebaiknya terus merangsang pemikiran Anda dengan ide-ide dan informasi baru, sehingga Anda tidak akan kehilangan vitalitas dan energi untuk berpikir kreatif. Temukanlah kreativitas itu di manapun Anda berada. Kreatif itu gratis, usahakan Anda mendapatkannya kapanpun, di manapun, dan dalam kondisi apapun.

Baca juga: Taklukan Emosi, Hadapi Feedback Pelanggan dengan Bijak

 

  1. Anda memiliki pemikiran yang terlalu rasional
Kendala Kreatif

via sherlockzen.com

Rasionalitas sebenarnya memang perlu dan dibutuhkan untuk menjelaskan bisnis Anda. Namun terus-menerus berpikir yang rasional membuat Anda kehilangan kreativitas. Padahal, seringnya ide-ide kreatif itu muncul di luar logis. Cobalah melihat dari sisi yang orang lain tidak biasa melihat, pikiran kreatif biasanya muncul begitu saja jadi jangan selalu terpatok pada hal-hal yang rasional.

Baca juga: Jangan Takut Bersaing, Sikapi Dengan 4 Cara Ini!

 

Dengan berpikir kreatif, maka bisnis Anda akan berangsur-angsur berjalan baik dan tidak membosankan. Ciptakan banyak peluang dari ide-ide kreatif Anda. Selamat menggali kreativitas ya, jangan mudah menyerah!

Featured images via nadesain.com

Source:
Teamwork.id

A.K 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Chat dg Kami