bisnis mengikuti tren
Bisnis Mengikuti Tren, Baik Atau Buruk?
October 17, 2017
cara-ampuh-perangi-malas-kalau-bekerja-di-rumah-kanefood
5 Cara Ampuh Perangi Malas Untuk Anda Yang Bekerja Di Rumah
November 14, 2017
brand ambassador produk UKM

Bagi Anda pengusaha UKM banyak hal yang harus Anda lakukan agar usaha Anda semakin berkembang dan dikenal. Melihat tren brand ambassador yang sedang marak digunakan oleh pemilik bisnis besar, membuat bisnis dengan modal kecil yang mungkin termasuk Anda, pemilik UKM ingin menirunya.

Penggunaan brand ambassador secara teori memang sangat powerful, membantu meningkatkan sales secara signifikan. Tentunya pemilihan brand ambassador haruslah tepat, memiliki citra yang baik, dan cukup terkenal setidaknya di kalangan target customer Anda. Tapi untuk bisnis UKM yang mungkin belum ada dana untuk membayar brand ambassador, menurut penelitian Kanefood sepertinya belum perlu, Kanefoodies. Kecuali kalau bisnis UKM Anda sudah berkembang pesat dengan pemasukan yang hebat. Namun bukan berarti Anda tidak bisa mempopulerkan bisnis Anda, ikuti cara atau strategi berikut sebagai pengganti brand ambassador untuk bisnis Anda.

1.  Manfaatkan staf atau karyawan yang Anda punya

Biasanya anggaran untuk marketing pada bisnis UKM masih minim. Anggaran lebih baik digunakan untuk pengembangan produk dan operasional. Sehingga untuk menggaet brand ambassador nampak sulit. Untuk itu, cobalah memanfaat staf atau karyawan yang Anda punya. Mereka bisa jadi brand ambassador bisnis Anda. Tentu saja, dengan sense of belonging sehingga mereka akan senang dan sukarela untuk turut memviralkan bisnis Anda.

Baca juga: Strategi 3C (Content, Communitiy, Commerce) untuk Media Sosial agar Brand Makin Dikenal

2. Gunakan influencer marketing sesuai target customer

brand ambassador produk UKM

Daripada brand ambassador yang mungkin menggunakan artis, atlit, atau influencer kelas nasional lebih baik cobalah untuk menggaet influencer marketing. Influencer marketing ini bisa selebgram, selebtwit, atau orang yang berpengaruh di bidangnya sesuai target customer Anda. Orang-orang seperti ini biasanya terkenal di kancah lokal. Mereka bisa membantu mempopulerkan bisnis UKM yang Anda miliki.

Baca juga: Content Marketing, Manjakan Konsumen Untuk Melihat Bisnis Online Anda

3. Buatlah icon character pada produk Anda

Di samping agar populer, brand ambassador juga membantu konsumen untuk mengingat dan mengenali produk Anda. Bagi Anda pemilik produk UKM, ide bagusnya adalah Anda bisa menciptakan icon character pada produk Anda. Mintalah jasa desainer untuk membuatnya. Tampilkan pada produk atau media sosial yang Anda miliki. Meskipun prosesnya cukup lama, tapi dengan cara ini customer lambat laun akan mengingat produk Anda.

Baca juga: 6 Kendala yang Membuat Anda Susah Berpikir Kreatif

Bagaimana? Tertarik untuk mencoba ataukah Anda sudah melakukan hal-hal tersebut? Meskipun masih UKM jangan mudah patah semangat ya, Kanefoodies. Dengan atau tanpa brand ambassador, buatlah semua orang utamanya target customer Anda aware dengan bisnis Anda.

A.K

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Chat dg Kami