8 Cara Kepo Kompetitor: Temukan, Saingi, dan Mainkan Bisnis yang Lebih Kompetitif!
April 6, 2017
Kendala Kreatif
6 Kendala yang Membuat Anda Susah Berpikir Kreatif
July 26, 2017

Tentu bukan masalah besar bagi Anda untuk membuat produk Anda dikenal oleh masyarakat, namun menjadi sebuah tantangan ketika Anda menerapkan strategi-strategi bisnis untuk membuat pelanggan merasa puas dan menjadi loyal mengonsumsi produk Anda. Dikutip dari Biznessapps, salah satu strategi kunci dalam meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan adalah dengan menciptakan “WOW” untuk produk Anda sendiri. Segala macam hal dapat dilakukan untuk mendapatkan kata “WOW” dari pelanggan, berikut ulasannya dari Biznessapps:

  1. Gratitude, bentuk terima kasih yang tertulis menunjukkan kesungguhan
Momen Wow Untuk Produk

via stu.edu

Akhir-akhir ini kita sering membeli atau bahkan mengirim paket untuk pelanggan dengan isi produk yang dipesan, serta nota pembelian. Memang tidak salah apabila Anda menerapkan metode itu sebagai bentuk SOP dalam pengiriman paket, namun akan menjadi hal lain apabila di dalam paket terdapat tAnda terima kasih. Bentuk terima kasih yang dimaksud adalah dalam bentuk tulisan, tidak harus tulisan tangan. Hal tersebut dapat dianggap sebagai apresiasi pembelian dari perusahaan walaupun membutuhkan pengorbanan dalam bentuk waktu ataupun margin, namun kepuasan dan loyalitas pelanggan tetap menjadi nomor satu.

  1. Packaging menunjukkan keseriusan dalam berbisnis
Momen Wow Untuk Produk

via pinimg.com

First impression untuk menilai produk dari suatu bisnis online adalah bentuk packaging dari paket yang diterima. Apabila paket diterima dengan kardus yg tidak rapi dan penyok sana sini, bisa jadi pelanggan Anda akan meragukan kredibilitas keamanan produk yang dipesan dari toko online Anda sehingga kedepannya pelanggan perlu berpikir ulang apabila ingin melakukan repeat order. Sebaliknya, jika bentuk packaging paket yang diterima pelanggan dalam bentuk rapi dan utuh, apalagi setelah unwrapping isi paket masih dalam kondisi dan keadaannya baik-baik saja maka pelanggan tidak akan segan-segan untuk kembali memesan produk-produk dari toko Anda.

  1. Trust, apabila Anda menaruh kepercayaan kepada pelanggan, kepercayaan tersebut akan kembali lagi kepada Anda
Momen Wow Untuk Produk

via pinterest.com

Percaya di sini bukan berarti segala yang disampaikan pelanggan dapat dengan mudah dipercaya, maksud dari percaya adalah dengan sedikit menyelidik apakah benar permasalahan tersebut dikarenakan perusahaan Anda? Dalam takaran ini, percaya dapat dilakukan dengan mencari inti masalahnya, apabila memang permasalahan ini terjadi dikarenakan perusahaan Anda maka langsung saja sampaikan mohon maaf dan kompensasi yang akan didapatkan. Apabila Anda tidak memiliki pembelaan yang kuat atas permasalahan tersebut maka mau tidak mau Anda harus percaya terhadap pelanggan Anda serta memohon maaf dan memberikan kompensasi yang setara pula. If you do good, then good will come to you. Apabila pelanggan merasa mudah dipercaya maka pelanggan akan mengapresiasi perusahaan Anda karena tidak banyak perusahaan yang mampu melakukan trust.

  1. Hadiah, buat pelanggan selalu teringat-ingat dengan perusahaan Anda
Momen Wow Untuk Produk

via ditopuccino.blogspot.com

Semua orang menginginkan segala sesuatu yang berbau gratis termasuk pelanggan atau calon pelanggan Anda, namun tidak semuanya berkesan. Pemberian hadiah di setiap peringatan-peringatan tertentu akan meninggalkan suatu kesan yang akan melekat dibenak pelanggan Anda. Seperti contoh pelanggan Anda telah berbelanja sebanyak 10 kali, maka Anda memberikan reward kepada pelanggan tersebut berupa parcel paket keripik. Selain pelanggan tersebut akan merasa puas, perasaan senang juga akan muncul dikarenakan pelanggan merasa sangat diapresasi atas pembeliannya yang berkali-kali.

  1. Garansi, segala macam ketidakpuasan pelanggan adalah tanggung jawab Anda
Momen Wow Untuk Produk

via articles.blpans.com

Ketidakpuasan pelanggan berbagai macam bentuknya, salah satunya adalah kerusakan produk. Walaupun kerusakan produk memang sepenuhnya bukanlah kesalahan perusahaan Anda, namun apa salahnya ketika memang perusahaan kita sudah kredibel dan professional kita berani menawarkan garansi kepada pelanggan. Dengan adanya garansi maka pelanggan akan memberikan apresiasi tersendiri kepada perusahaan Anda walaupun perusahaan Anda berada di kelas menengah ke bawah. Karena kepuasan pelanggan adalah kunci dari adanya repeat order maka strategi-strategi apapun harus dilakukan guna mewujudkannya.

 

Dari 5 poin di atas, strategi yang mana yang sudah Anda terapkan? Apabila ada strategi yang Anda lakukan di luar poin-poin di atas, Anda bisa meninggalkan komentar di bawah ini. Selamat mencoba dan sukses selalu!

Source:
Biznessapps.com

Kemala Ristanti N. A.

2 Comments

  1. […] Baca juga: Ciptakan “WOW” Untuk Produkmu Sendiri dengan 5 Cara Ini! […]

  2. […] Baca juga: Ciptakan Momen “WOW” Untuk Produkmu Sendiri dengan 5 Cara Ini! […]

  3. Muhamad Madih says:

    informasi yang sangat bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Chat dg Kami