Sering Bingung Menangani Komplain Pelanggan? Coba Ikuti 5 Langkah Ini!
February 18, 2017
6 Alasan Kenapa Anda Harus Mulai Mengirim Email Marketing
March 4, 2017

Tidak perlu muluk-muluk untuk mendapatkan produktivitas waktu dalam bekerja. Apalagi ketika Anda melihat seseorang yang Anda jadikan role model, Anda akan berpikir bahwa yang dilakukan hanyalah kerja, kerja, dan kerja. Anda tidak bisa secara instan menjadi seseorang tersebut, tetapi Anda bisa memulainya dengan langkah-langkah kecil yang berarti. Termasuk, menghargai waktu yang Anda punya.

Dalam hitungan hari, misalnya. Coba Anda tanya pada diri Anda sendiri apakah Anda sudah mencapai sesuatu yang layak untuk diapresiasi? Atau malah sama sekali tidak melakukan apa-apa?
Seorang pebisnis pemula harus bisa mencoba menjadi produktif setidaknya dalam 24 jam pertama. Begitu pula dengan pebisnis senior, selalu ada pencapaian-pencapaian kecil di hidupnya.

Kanefood telah merangkum bagaimana cara Anda, dengan bisnis modal kecil sekalipun, dapat menjadi pebisnis besar. Berikut adalah cara yang dapat Anda terapkan untuk dapat menjadi pebisnis yang produktif:

  1. Buat To Do List

Buatlah daftar perencanaan harian setiap pagi. Apa saja yang akan Anda lakukan baik yang sudah merupakan rutinitas maupun di luar itu, tujuan apa saja yang harus Anda capai hari ini, dan kegiatan apa yang memungkinkan untuk dikerjakan hari ini. Dengan begini, hari-hari Anda akan lebih tertata. Jangan lupa di akhir hari, centang apa saja yang berhasil Anda lakukan. Jika masih ada yang belum Anda lakukan, Anda dapat mengulanginya besok. Evaluasilah apa saja yang dapat Anda jadikan sebagai pencapaian.

  1. Lakukan Secara Teratur

Untuk meraih hari ini, sebaiknya Anda secara teratur, patuh, dan tertib dalam melakukan kegiatan yang sudah Anda rencanakan tadi pagi atau kemarin malam. Apalagi menjadi seorang pengusaha atau pebisnis, Anda pasti akan disibukkan dengan mengurusi banyak hal. Maka Anda wajib menghargai waktu yang Anda miliki dengan cara menaati aturan yang telah Anda tetapkan sendiri.

  1. Luangkan Untuk Passion atau Hobi

Tim Wesfix dalam bukunya “Passion Itu Dipraktekin” berkata bahwa belum tentu apa yang Anda kerjakan merupakan passion Anda, bisa jadi demikian, tetapi tidak semua orang memiliki keberuntungan seperti itu. Passion itu harus praktik, jika tidak terasah, Anda bisa lama-lama lupa dengan passion Anda sendiri. Luangkanlah setidaknya 2 jam per hari Anda untuk melakukan apa yang Anda suka, apa yang menurut Anda ketika Anda melakukannya, Anda merasa seperti refreshing.

  1. Harus Ada Alternatif

Alternatif alias kegiatan cadangan harus selalu Anda miliki meskipun Anda tidak pernah menuliskannya dalam daftar kegiatan. Ini perlu, sebab kita tidak akan pernah tahu hari ini akan berjalan lancar atau tidak. Banyak hal-hal di luar dugaan, bahkan di luar kendali. Anda harus siap dengan apapun yang akan terjadi hari ini. Namun, berusahalah untuk tetap seimbang dalam menjalaninya.

Sebenarnya banyak yang bisa Anda lakukan, tapi sedikit yang dapat Kanefood jelaskan semoga bisa menginspirasi atau lebih-lebih Anda terapkan di hari-hari Anda. Tidak ada yang benar-benar bisa menghargai waktu Anda, kecuali Anda sendiri.

Semangat bekerja, selamat berkarya!

Baca juga: Terbitkan Mental Wirausaha, 6 Sikap Ini Bisa Anda Lakukan

Sumber:
Passion Itu Dipraktekin by Tim Wesfix
Lokamedia.com

– A.K

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Chat dg Kami