Keripik Pisang Utuh Kane Kane: Manis, Renyah, dalam Satu Tabung Cantik
October 22, 2016
4 Cara Cerdas Mengelola Keuangan Bisnis
November 12, 2016

Bisnis selalu ada persaingan, jika Anda takut memulai bisnis karena takut akan persaingannya, Anda keliru. Persaingan bisnis bisa datang dari mana saja, dari segi apa saja. Baik produk, strategi di media sosial, target pelanggan, target wilayah pemasaran, dan banyak yang lain.

Untuk menjadikan bisnis Anda makin sukses dan bisa tetap berkiprah di tengah persaingan yang ketat, Anda perlu motivasi. Mimil sudah rangkum apa saja yang harus Anda lakukan untuk menghadapi persaingan bisnis.

  1. Persaingan Pasti Ada

Seperti yang Mimil katakana di awal, dalam bisnis persaingan pasti ada. Jadi jangan takut dan jangan kaget menghadapinya. Bahkan ketika Anda menganggap produk Anda adalah inovasi terbaru, terunik, dan seolah tidak ada yang menyamai. Namun yakinkan di awal bahwa pasti akan ada persaingan bisnis.

  1. Nikmati Persaingannya

Iya, dinikmati saja lah. Dengan menikmati Anda akan terbiasa berpikir menciptakan ide-ide baru yang unik yang membuat bisnis Anda berbeda dan lebih baik dari kompetitor Anda. Sehingga Anda benar-benar lebih siap untuk bersaing.

  1. Jadikan Sebagai Tolak Ukur

Persaingan bisnis justru bisa menjadi motivasi bagi Anda untuk mengevaluasi sejauh mana kualitas bisnis Anda. Bisa dengan evaluasi produk Anda atau cara-cara pemasaran yang telah Anda bangun. Cobalah sesuatu yang baru yang berbeda namun cocok dengan bisnis Anda agar Anda tetap bisa menghadapi persaingan.

  1. Kompetitor Bukanlah Musuh

Ketika ada kompetitor yang nampak jelas bersaing dengan bisnis Anda, jangan anggap itu adalah musuh. Justru bisa jadi Anda bisa terinspirasi banyak hal dari kompetitor Anda. Selain itu, Anda boleh sedikit berbangga diri karena bisnis Anda memiliki kompetitor, artinya ada yang ingin menyamai bisnis Anda atau ada yang memang sudah sama dengan Anda. Sehingga Anda bisa membuatnya lebih berbeda dan lebih baik, tentunya.

Nah, itu tadi kiat-kiat alias mental yang harus Anda bangun dalam menghadapi persaingan bisnis.
Gimana? Udah makin siap belum? Tetap semangat mengembangkan bisnis yaa!

Ide:
Bisnisukm.com

Penulis:
A.K

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Chat dg Kami