Momen Wow Untuk Produk
Promo Spesial Kemerdekaan, Dapatkan Cashback 45.000!
August 10, 2017
mengubah hobi menjadi peluang bisnis
Mengubah Hobi Menjadi Peluang Bisnis? Begini Caranya!
August 24, 2017

Olah Kembali Review yang Diberikan Customer, Karena Ternyata Efeknya Sebesar ini!

Review dari customer

Sudah menerapkan pemberian review atau rating untuk para pelanggan anda? Kalau belum, mulai optimasi sekarang juga! Sadari pentingnya review dan ulasan produk dari Kanefood berikut ini.

  1. Meningkatkan Sales atau Penjualan

Sebagian besar pelanggan di era millennial pasti lebih pintar untuk memilih tempat mereka berbelanja baik itu online maupun offline. Sebelum melakukan belanja atau pembayaran pastinya pelanggan akan mencari tahu tentang track record dari store atau perusahaan anda dari berbagai media yang ada dan bisa diakses. Seperti contoh apabila anda mempunyai online store, maka calon pelanggan bisa jadi mencari testimonial pelanggan-pelanggan yang pernah ada mulai dari postingan, hingga comment. Dengan tidak meninggalkan jejak review dimanapun anda berjualan bisa jadi calon pelanggan yang tadinya ingin berbelanja di online atau offline store kita kehilangan keinginannya untuk membeli produk. Begitu pula sebaliknya, semakin banyak review positif yang ditunjukkan, pelanggan akan semakin yakin untuk membeli produk-produk anda sehingga poin meningkatkan sales ini terpenuhi.

Review dari customer

via athenacoaching.com

  1. Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Meninggalkan review tentu saja bukan hal yang mudah, apabila anda tidak interaktif, maka pelanggan juga akan bersifat pasif. Dalam pembentukan hubungan yang baik dengan pelanggan hal pertama yang harus diterapkan adalah interaktifitas dalam berkomunikasi. Dengan begitu pelanggan tentu akan lebih terbuka terhadap anda termasuk dalam pemberian review dan ulasan. Apabila pelanggan dengan sukarela memberikan review positif setelah melakukan transaksi, kemungkinan untuk pembelian kembali di lain waktu lebih besar dibanding pelanggan yang tidak meninggalkan kesan apapun. Dikarenakan terdapat 2 pilihan antara pelanggan tersebut puas tapi tidak ingin mengungkapkannya, atau pelanggan tidak puas sehingga pelanggan tersebut malas untuk melakukan komplain.

  1. Improve SEO dan ranking

Semakin banyak pelanggan anda yang meninggalkan review mereka terhadap produk yang kita jual terutama pelanggan yang melakukan review secara online, maka produk anda akan lebih dipertimbangkan oleh search engine seperti Google, Bing, Yahoo dan lain-lain untuk masuk dalam top search. Apabila produk anda sudah masuk ke top search dengan kategori yang sesuai, calon-calon pelanggan yang mencari produk sejenis dengan produk anda akan menemukan online store atau review dari pelanggan anda, sehingga yang awalnya pelanggan tersebut hanya berstatus calon, bisa jadi data pendukung yang ditemukan di search engine merubah status calon tersebut menjadi pelanggan tetap.

Baca juga: Pelapak Online Merapat! Ini 5 Hal yang Dilakukan Konsumen Anda Sebelum Belanja Online

  1. Strategi Penanaman Branding

Untuk melakukan branding  tentu tidak selalu melalui media baik itu berbayar atau tidak, maupun melalui buzzer atau bahkan influencer. Salah satu strategi branding  yang dapat dilakukan adalah dengan mengumpulkan review-review yang diungkapkan pelanggan kepada perusahaan anda. Selain pelanggan tersebut akan menyebarluaskan review di media online, sebagian besar pelanggan tersebut sekan merekomendasikan perusahaan anda kepada orang-orang terdekat mereka. Oleh karena itu berilah kesan terbaik bagi para pelanggan anda sehingga secara tidak langsung anda telah menerapkan salah satu strategi branding yang paling efektif.

  1. Pelayanan Terbaik untuk Pelanggan

Kesan pertama calon pelanggan kepada suatu brand atau perusahaan adalah pelayanan. Apakah pelayanan yang diterima pelanggan tersebut sudah sesuai dengan harapan. Maksimalkan bentuk pelayanan-pelayanan perusahaan anda salah satunya adalah dengan mendengarkan pelanggan, bersikaplah terbuka terhadap pelanggan. Bentuk-bentuk mendengarkan pelanggan di sini seperti contoh penekanan seperti “Kami terbuka terhadap kritik dan saran apapun, karena tanpanya kami tidak bisa melakukan peningkatan pelayanan kepada anda”. Contoh lain adalah dengan membuat seperti kotak saran apabila anda mempunyai offline store dengan begitu pelanggan akan mengerti bahwa perusahaan anda benar-benar serius ingin meningkatkan pelayanan baik itu dalam bentuk produk maupun jasa berdasarkan pengetahuan dari pengalaman pelanggan itu sendiri.

Review dari customer

via tweakyourbiz.com

Apakah artikel ini cukup untuk membuat anda sedikit terbuka terhadap review pelanggan? Review pelanggan tidak selalu positif, review negatif juga pastinya ada, namun yang membedakan manfaatnya adalah bagaimana anda menyikapi reviewreview yang berdatangan? Apabila anda tidak mengelola review dengan baik maka akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti komplain, jika anda sedang mengalami permasalahan terkait dengan komplain, anda bisa mencoba untuk cek review admin di  sini.

Semoga membantu!

Sumber: biznessapps.com

Kemala Ristanti N. A.

1 Comment

  1. […] Baca juga: Olah Kembali Review yang Diberikan Customer, Karena Ternyata Efeknya Sebesar ini! […]

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Chat dg Kami