Populer atau Menguntungkan? Maksimalkan Penggunaan Hashtags Untuk Bisnis Anda!
July 29, 2017
Momen Wow Untuk Produk
Promo Spesial Kemerdekaan, Dapatkan Cashback 45.000!
August 10, 2017

Pelapak Online Merapat! Ini 5 Hal yang Dilakukan Konsumen Anda Sebelum Belanja Online

Pelapak-Online-Merapat!-Ini-5-Hal-yang-Dilakukan-Konsumen-Anda-Sebelum-Belanja-Online

Sebagai pemilik bisnis online, baik dengan yang modalnya sudah besar-besaran atau bisnis modal kecil, Anda sebaiknya selalu berpikir di posisi konsumen Anda. Sebab itu yang akan menjadi acuan Anda untuk menyusun strategi-strategi pemasaran yang baik untuk bisnis online Anda. Di zaman yang serba mudah ini, tentu Anda sudah menyadari bahwa bisnis online sangat berkembang pesat karena banyaknya pula orang yang belanja online. Otomatis, persaingan pun semakin ketat.

Sebelum melakukan belanja online, beberapa orang termasuk konsumen Anda akan melakukan beberapa langkah. Menurut survey yang sudah dirangkum Kanefood melalui bisnisukm.com, ada beberapa kebiasaan yang sering dilakukan konsumen sebelum memutuskan untuk belanja online. Sebagai pelapak online, berikut harus Anda perhatikan baik-baik celah dan tips pemasarannya!

  1. Melakukan pengecekan adalah hal yang pasti dilakukan setelah memiliki rencana belanja
Pelapak-Online-Merapat!-Ini-5-Hal-yang-Dilakukan-Konsumen-Anda-Sebelum-Belanja-Online

via bradleyspeechteam.com

Survey membuktikan bahwa sekitar 77% orang yang akan belanja online akan melakukan pengecekan terlebih dahulu sebelum memutuskan pembelian. Pengecekannya meliputi promosi apa yang sedang diadakan, stok barang yang tersedia, dan beberapa informasi lainnya. Mereka akan butuh waktu lebih di tahap pemeriksaan yang macam-macam ini. Jadi, sebagai pelapak online sebaiknya berikan secara detail baik tertera di website maupun melalui customer service Anda mengenai apa yang kira-kira konsumen butuhkan ya.

Baca juga: 7 Kesalahan Pemasaran Produk yang Biasanya Tidak Anda Sadari

  1. Memeriksa semua produk yang dijual sebelum pada akhirnya jatuh hati pada satu pilihan
Pelapak-Online-Merapat!-Ini-5-Hal-yang-Dilakukan-Konsumen-Anda-Sebelum-Belanja-Online

via cuteabis.com

Nyatanya, hanya ada sekitar 13,3% penduduk Indonesia yang memilih untuk belanja online. Padahal, sepertinya penduduk Indonesia sangat banyak dan kegiatan belanja online sudah sangat mudah dan biasa kita lakukan. Survey membuktikan bahwa masih banyak pula konsumen yang takut tertipu dalam hal belanja online. Agar tidak mengalami nasib buruk, biasanya sebelum memutuskan pada satu pilihan mereka akan memeriksa semua varian produk yang Anda jual.

Baca juga: Ciptakan “WOW” Untuk Produkmu Sendiri dengan 5 Cara Ini!

  1. Membandingkan harga dan kualitas dengan toko sebelah
Pelapak-Online-Merapat!-Ini-5-Hal-yang-Dilakukan-Konsumen-Anda-Sebelum-Belanja-Online

via advantagemarketingus.com

Ini juga masih sering dilakukan oleh mayoritas konsumen belanja online. Mereka yang terbiasa belanja online tidak akan merasa lelah untuk membanding-bandingkan baik harga maupun kualitas dengan toko sebelah. Sebagai pelapak online, sebaiknya Anda mengerti apa yang harus Anda lakukan. Harga dan kualitas bersaing, maka branding akan sangat perlu dalam hal ini.

Baca juga: Bingung Menentukan Harga? Nggak Lagi Karena Ada Strategi Ini!

  1. Memastikan cara pembayaran akan mudah dan menimbang-nimbang risikonya
Pelapak-Online-Merapat!-Ini-5-Hal-yang-Dilakukan-Konsumen-Anda-Sebelum-Belanja-Online

via jalantikus.com

Sebelum pada akhirnya akan melakukan transaksi online, konsumen akan memastikan cara pembayaran yang mudah. Begitu pula dengan ekspedisi. Mereka akan menimbang-nimbang risiko. Anda sebagai penjual sebaiknya memiliki akun di bank yang biasa konsumen gunakan. Biasanya, konsumen akan urung niat ketika mengetahui cara pembayaran yang super ribet apalagi dengan rekening yang berbeda. Hal ini sebaiknya bisa Anda atasi dengan mudah.

Baca juga: 4 Cara Cerdas Mengelola Keuangan Bisnis

 

  1. Melihat testimonial dari pelanggan lain untuk memastikan toko online Anda terpercaya
Pelapak-Online-Merapat!-Ini-5-Hal-yang-Dilakukan-Konsumen-Anda-Sebelum-Belanja-Online

via kanefood.com

Penting bagi konsumen untuk mengetahui kredibilitas toko Anda. Testimoni adalah faktor pendorong yang efektif penentu keputusan konsumen untuk memilih toko Anda dibandingkan toko lainnya. Review dari pelanggan lain secara tidak langsung akan memengaruhi tingkat kepercayaan konsumen, karena mereka tidak bisa memegang produk Anda secara langsung. Sebagai penjual online, perlihatkan bahwa bisnis Anda adalah yang bisa dipercaya.

Baca juga: Bisnis itu Harus Saling Percaya

Setelah mengetahui apa yang dilakukan oleh konsumen Anda, mulailah berpikir langkah apa yang sebaiknya Anda perbaiki. Khususnya di strategi pemasaran agar konsumen tidak berpaling dari toko online Anda. Good luck!

Featured images via luba.nl

Sumber:
Bisnisukm.com

A.K 

1 Comment

  1. […] Baca juga: Pelapak Online Merapat! Ini 5 Hal yang Dilakukan Konsumen Anda Sebelum Belanja Online […]

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Chat dg Kami