6 Manfaat Fanpage untuk Bisnis Online
December 3, 2016
4 Alasan Kenapa Bisnis Kuliner Itu Menguntungkan
December 17, 2016

Bisnis nggak cuma berpikir bagaimana kita menghadapi pihak luar aja ya, tapi juga harus memperkuat internal. Punya tim yang seiya sekata tidak menjanjikan bisnis Anda akan sukses terus. Tim harus saling melengkapi, saling mengisi untuk segala kebutuhan bisnis. Lantas, bagaimana membangun tim agar bisnis tetap kuat?

  1. Jujur dan Transparan

Bisnis yang besar tidak dibangun secara instan melainkan ada kinerja tim yang dapat saling membantu Kuncinya adalah saling jujur dan transparan dalam kegiatan bisnis. Segala informasi disampaikan secara terbuka, sehingga seluruh tim dapat mengetahui tanpa ada yang harus ditutup-tutupi.

Akan lebih sulit jika Anda tidak bisa stab in the front kepada rekan kerja atau staf Anda, lebih baik sampaikan secara baik tanpa mengurangi rasa hormat apabila ada kesalahan.

  1. Budaya Kerja yang Nyaman

Menciptakan budaya kerja yang nyaman yang dapat diterapkan pada seluruh tim. Apalagi ketika Anda menjadi pemimpin, Anda harus bisa mengatur kultur kerja yang nyaman dan kondusif. Hal-hal kecil yang dapat memperbaiki atmosfir kerja akan sangat membantu menciptakan kenyamanan. Seperti, kejutan saat ulang tahun, tata ruang yang rileks, sapaan yang akrab, dan lain-lain.

  1. Fleksibel

Tidak semua bisnis dapat menerapkan fleksibilitasnya, biasanya bisnis kecil rumahan dapat menerapkannya. Bebaskan tim Anda untuk melakukan apa yang disukai dengan catatan telah menyelesaikan tanggung jawabnya. Anda dapat membolehkan aspek flexibility ini dalam taraf yang wajar. Saling memberi ruang untuk tim untuk memberikan kontribusi kreatif yang bisa membangun bisnis untuk maju.

  1. Dewasa

Kedewasaan harus dipupuk oleh masing-masing individu dalam tim. Bahkan, dapat diasah bersama bisa dengan mengikuti seminar/workshop/outbond mengenai teamwork, bisa juga dengan saling mengajarkan untuk dewasa.

Anda mungkin bertanya-tanya dan sudah menganggap bahwa diri Anda sudah cukup dewasa dan dapat menyelesaikan masalah dengan bijak. Tapi, cobalah gali kekurangan Anda dari tim Anda, siapa tahu justru Anda yang tidak bisa menyikapi masalah secara dewasa.

Keempat hal di atas hanya sebagian kecil yang bisa Anda lakukan untuk memperkuat internal.
Untuk apa terlihat bagus di luar, kalau ternyata jelek di dalam?
Sembari terus berkompetitif untuk kemajuan bisnis, jangan lupa untuk terus merangkul tim agar makin solid ya!

Inspirasi:
Dailysocial.id

Penulis:
A.K

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Chat dg Kami