Kendala Kreatif
6 Kendala yang Membuat Anda Susah Berpikir Kreatif
July 26, 2017
Pelapak-Online-Merapat!-Ini-5-Hal-yang-Dilakukan-Konsumen-Anda-Sebelum-Belanja-Online
Pelapak Online Merapat! Ini 5 Hal yang Dilakukan Konsumen Anda Sebelum Belanja Online
August 5, 2017

via voxsocial.com

Percaya atau tidak, seringkali ketika kita mencari sesuatu kita sangat terbantu dengan adanya hashtags atau tagar. Sebagai pemilik bisnis, pengusaha, wirausaha, atau perintis usaha dengan modal kecil Anda harus ‘melek’ tentang ini. Adanya fitur hashtags yang sediakan oleh platform media sosial tidak boleh Anda sia-siakan. Mayoritas pengguna media sosial menggunakan hashtags untuk mendapatkan popularitas. Namun, ada juga yang menggunakan untuk mencari keuntungan tersendiri khususnya bagi akun-akun bisnis.

Lantas, di mana posisi Anda? Bagaimana Anda harus memaksimalkan penggunaan hashtags? Kanefood telah merangkum penggunaan hashtags khususnya di Instagram untuk mendapatkan hasil yang balanced antara popularitas dan keuntungan.

Anda bisa memiliki keduanya

via walldevil.com

Yes, both popularity and profitable. Hashtags yang Anda gunakan sebaiknya relevan dengan postingan yang Anda unggah. Sebelumnya, lakukan survey hashtags apa yang sering digunakan. Ingatlah bahwa di Instagram maupun Facebook, Anda dapat menggunakan maksimal 30 hashtags. Namun, Anda tidak harus menggunakan semuanya.

Jika Anda mendapat hashtags relevan, Anda bisa memiliki hastags untuk meningkatkan kepopuleran bisnis Anda dan menguntungkan bagi Anda. Meningkatkan engagement, serta followers. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa satu hashtags dapat meningkatkan engagement postingan sekitar 12,6%. Hashtags adalah cara efektif untuk mendapatkan traffic organik ke konten Anda.

Baca juga: 5 Tips Foto Produk Untuk Bisnis Online

Jadikanlah hashtags efektif untuk bisnis Anda

via isabelsmithnutrition.com

Seperti yang telah dijelaskan di poin sebelumnya, Anda harus mencari hashtags yang populer, yang umum, yang sering digunakan oleh orang. Misalnya, #bisnis #usaha atau hashtags produk Anda seperti #keripik #keripiknangka. Dengan ini, hashtags akan bekerja secara efektif untuk menarik followers yang potensial.Semakin spesifik hashtags yang Anda gunakan, semakin berhasil Anda menarik followers yang tepat sasaran.

Survey hashtags bisa Anda mulai dengan meninjau 20 brand terkait yang hampir sama dengan bisnis Anda. Periksa hashtags apa yang mereka gunakan. Buatlah daftar hashtags apa saja yang sebaiknya digunakan dari 1 sampai 30 dan mulailah mengujinya di postingan Anda. Anda akan dengan cepat menentukan mana yang efektif, mana yang tidak, dan mana yang random. Ingat lebih spesifik, lebih baik.

Baca juga: 5 Cara Branding Lewat Instagram yang Belum Anda Tahu

Caption, jangan disepelekan

via blog.proto.io

Selain hashtags, buatlah caption yang menarik. Terkadang, caption tidak harus relevan dengan apa yang Anda posting. Harus Anda ketahui bahwa yang dibaca oleh followers Anda adalah caption, bukan hashtags. Sesekali mungkin mereka akan membaca hashtags Anda satu per satu. Namun, fungsi utama hashtags adalah untuk memudahkan pencarian. Sehingga, Anda sebaiknya tidak melupakan pentingnya caption untuk postingan Anda.

Mengetik semua hashtags di setiap kali Anda memposting tentu merupakan pekerjaan yang lumayan berat. Sebagai gantinya, buatlah catatan hashtags itu sendiri di handphone atau perangkat apapun yang Anda gunakan. Dengan cara ini, Anda hanya perlu copy dan paste.

Baca juga: 6 Manfaat Fanpage Untuk Bisnis Online

Hastags tidak hanya untuk meningkatkan followers

via kraftly.com

Selain menggunakan hashtags untuk meningkatkan popularitas dan menguntungkan bisnis Anda, mengategorikan konten menggunakan hashtags adalah strategi pemasaran yang keren. Buatlah hashtags yang khusus bisnis Anda. Maksudnya, hanya Anda dan produk atau jasa terkait brand Anda yang akan memakai hashtags tersebut. Ini berguna untuk menguatkan brand Anda.

Contohnya, ketika Anda launch produk baru, promo spesial, atau mengadakan giveaway. Anda bisa menggunakan hashtags custom yang Anda buat sendiri ini sebagai gebrakan, misalnya #KaneKaneNewLooks atau #LombaFotoKanefood. Dengan ini, followers Anda akan mengikuti Anda menggunakan hashtags tersebut.

Baca juga: Nggak Asal Eksis, Investasi di Media Sosial Itu Perlu. 5 Taktik Ini Layak Ditiru!

Entah digunakan untuk meningkatkan followers, membangun brand atau bisnis Anda, hashtags tetap menjadi salah satu fitur terkuat dari jaringan media sosial khususnya Instagram. Manfaatkanlah hashtags untuk menciptakan perkembangan yang baik pada bisnis Anda!

Sumber:
entrepeneur.com

A.K 

2 Comments

  1. KaneFood says:

    […] Baca juga: Populer atau Menguntungkan? Maksimalkan Penggunaan Hashtags untuk Bisnis Anda […]

  2. […] Baca juga: Populer atau Menguntungkan? Maksimalkan Penggunaan Hashtags untuk Bisnis Anda […]

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Chat dg Kami