mengubah hobi menjadi peluang bisnis
Mengubah Hobi Menjadi Peluang Bisnis? Begini Caranya!
August 24, 2017
copywriting untuk bisnis
Gawat! 5 Kesahalan Penggunaan Kata Ini Membuat Bisnis Anda Hancur
September 11, 2017
testimonial untuk bisnis

Testimonial, hal sepele padahal ampuh khususnya bagi Anda pelapak online. Mau produk atau jasa apapun yang Anda jual, sebaiknya Anda mencantumkan testimonial dari pelanggan. Dengan testimonial, brand Anda akan memiliki kredibilitas. Anda juga mudah dipercaya oleh pelanggan baru sehingga penjualan pun bisa meningkat.

Sebagaimana jika kita search lewat Google, testimonial adalah komentar, saran, atau opini yang diberikan oleh seseorang terhadap sesuatu (orang, produk, perusahaan, organisasi, dll) dari sudut pandangnya masing-masing dan biasanya bernada memuji. Di kamus, kita kenal testimonial sebagai suatu kesaksian. Testimonial ini memang biasanya positif, tapi nggak menutup kemungkinan pula ada testimonial negatif atau buruk yang harus Anda hindari karena akan merusak citra produk, jasa, dan brand Anda.

Baca juga: Bisnis Itu Harus Saling Percaya

Lantas, bagaimana jika bisnis Anda masih baru dan Anda belum memiliki testimonial? Bagaimana caranya memiliki testimoni yang baik dan positif? Tenang, berikut sudah Kanefood tulis tips maintaining testimonial agar bisa mendongkrak penjualan Anda.

  1. Quality is the king, miliki produk dengan kualitas yang memang bagus

testimonial untuk bisnis

Langkah awal nan wajib bagi pemilik usaha atau bisnis baik dengan modal kecil atau yang sudah besar sekalipun adalah memastikan bahwa produk atau jasa yang dijual itu memiliki kualitas yang bagus. Kalau produk Anda biasa-biasa saja, bisa dipastikan testimonial yang Anda dapatkan dari pelanggan juga biasa.

Pelanggan akan rela mengeluarkan uangnya untuk membeli produk kita untuk memperoleh apa yang telah kita sampaikan dan apa telah mereka setujui sebelumnya tentang persepsi terhadap produk Anda. Untuk itu, jika ada kesesuaian antara persepsi dan kenyataan tentang produk yang Anda jual, mereka tidak akan tanggung-tanggung untuk memberi testimonial yang baik.

Ada istilah viral testimonial, ini adalah testimonial yang tidak langsung disampaikan pada Anda sang penjual namun langsung pada rekannya atau lingkungannya yang berpotensi menjadi calon pelanggan baru. Jadi, perhatikan kualitas produk atau jasa Anda dulu sebelum Anda berani menjualnya ya.

Baca juga: Ciptakan Momen “WOW” Untuk Produkmu Sendiri dengan 5 Cara Ini!

  1. Menanamkan nilai lebih dengan berkomunikasi dengan pelanggan
testimonial untuk bisnis

via videoblocks.com

Selanjutnya, cara Anda menyampaikan pesan sangat berpengaruh dengan testimonial yang Anda dapatkan. Jaringlah pelanggan Anda agar mampu menilai produk Anda, sehingga akan memberi testimonial yang natural. Anda bisa memulai dengan respons yang cepat dan ramah, layanan yang baik dan sopan.

Khususnya untuk Anda yang memiliki bisnis online, sebaiknya Anda memberi nilai tambahan dalam berkomunikasi atau melayani pelanggan. Contohnya, menginformasikan nomor resi sebelum pelanggan memintanya, tawarkan pelayanan lebih seperti bantuan tracking dan garansi, kemudian tanyakan pada pelanggan apakah produk yang dikirim sesuai pesanan atau bagaimana.

Jika begini, mungkin pelanggan tidak akan ragu untuk memberikan testimonial positif pada Anda. Anda juga boleh meminta testimonial tersebut dan jangan lupa untuk menyarankannya agar membeli produk atau menggunakan jasa Anda lagi di kemudian hari, supaya pelanggan tersebut loyal.

  1. Membuat testimonial yang jujur
testimonial untuk bisnis

via aremafood.com

Setelah Anda mendapatkan testimonial dari pelanggan, Anda bisa capture chat dan mendesainnya untuk dimasukkan dalam media komunikasi yang Anda gunakan untuk berjualan. Selain itu, Anda juga bisa membuat testimonial sendiri dengan cara memfoto bukti pengiriman, resi, kegiatan packing dan kegiatan toko Anda, menampilkan stock produk Anda dan memfotonya dari berbagai sisi, dan lain-lain.

Membuat testimonial yang jujur dan dipercaya adalah testimonial yang tidak dibuat-buat, natural, tanpa rekayasa. Setiap foto atau gambar yang Anda gunakan untuk testimonial wajib Anda sertakan signature atau watermark atau desain khususnya. Sebab zaman sekarang, testimonial bisa dicuri, sehingga Anda jangan menipu pelanggan dengan testimonial palsu.

Baca juga: Mengubah Hobi Menjadi Peluang Bisnis? Begini Caranya!

Publikasikan atau posting testimonial tersebut di lapak jualan Anda, khususnya bagi Anda pemilik bisnis atau usaha online. Sebegitu powerful kekuatan testimonial, sebab pelanggan Anda tidak bisa bersentuhan atau melihat langsung produk yang Anda jual. Jadi, jangan lagi sepelekan testimonial ya. Usahakan selalu ada untuk Anda pajang di media jualan Anda.

Jika Anda memiliki kritik, saran, unek-unek, atau apapun tentang Kanefood, segera kirimkan testimonial Anda ke kanefood.id@gmail.com ya. Jangan sungkan-sungkan karena Kanefood selalu berusaha untuk menjadi apa yang Anda harapkan. Ditunggu testimonialnya, semoga sukses!

Sumber:

ads.id

Featured images via blog.spicepay.in

A.K

1 Comment

  1. […] Baca juga: Sepele Tapi Powerful, Gunakan Testimonial Untuk Tingkatkan Penjualan […]

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Chat dg Kami