6 Keuntungan yang Langsung Anda Dapatkan Ketika Menjadi Seller Kanefood
March 11, 2017
7 Kesalahan Pemasaran Produk yang Biasanya Tidak Anda Sadari
March 27, 2017

Melakukan branding melalui media sosial itu gampang-gampang susah. Rugi kalau Anda kurang memaksimalkan media sosial sebab rasanya sekarang nggak ada seorang pun yang nggak punya akun media sosial. Media sosial sangat dekat dengan kita, hampir setiap hari semua orang membuka media sosial miliknya.

Media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan lain-lain menjadi fasilitator dan sangat berperan penting untuk membangun brand. Tugas Anda sebagai pebisnis aktif khususnya bagi Anda pemilik bisnis perorangan atau wirausaha, Anda membutuhkan media sosial untuk berinteraksi sekaligus memasarkan produk atau jasa Anda agar semakin dikenal.

Nggak cukup sulit, tapi nggak gampang juga. Banyak strategi pengelolaan media sosial yang telah diulas Kanefood di sini. Ada juga strategi 3C seperti berikut yang bisa Anda pelajari dan terapkan.

  1. Content

via acquia.com

The first C for Content. Paling utama dan penting dalam membangun media sosial untuk branding adalah bagaimana konten itu dibuat. Sebarkan apa yang Anda ingin sampaikan melalui konten yang bernilai secara kreatif. Membuat konten yang baru dan secara ruitn adalah cara agar media sosial Anda nampak aktif dan dilirik oleh calon customer. Jika Anda memiliki online webstore, tujuan untuk mengelola media sosial salah satunya adalah untuk menarik traffic ke website maka ciptakanlah konten yang menarik agar customer mau Anda bawa ke webstore.

Ada banyak cara untuk membuat konten di media sosial. Video, audio, teks, atau gambar. Anda harus menyesuaikan konten-konten dengan apa yang Anda jual atau campaign apa yang ingin Anda bangun.

Misalkan Anda menjual tumbler, kemudian jangan hanya jualan dengan menonjolkan kelebihan, menawarkan promo, atau mendeskripsikan keunikan. Namun berikan konten yang bernilai dengan hal-hal yang berkaitan seperti global warming campaign dengan tidak menggunakan botol plastik, dan semacamnya. Anda bisa terus menerus menggali konten Anda yang biasanya berangkat dari masalah yang dialami oleh customer.

Baca juga: Content Marketing, Manjakan Konsumen Untuk Melihat Bisnis Online Anda

  1. Community

via resource.communify.com

Community, C yang kedua dari strategi 3C. Media sosial sejatinya adalah media untuk bersosialisasi. Anda bisa menciptakan komunitas yang tentunya berhubungan dengan apa yang Anda jual. Keuntungan membangun komunitas selain brand Anda makin dikenal adalah untuk melibatkan orang-orang tersebut menjadi bagian dari produk atau jasa Anda. Nah, membangun komunitas juga nggak bisa instan. Mulailah dengan menciptakan interaksi atau komunikasi dua arah dengan calon customer Anda di media sosial. Anda juga bisa menggunakan tagar atau hashtags yang berkaitan.

Kuncinya, semakin sosial dan interaktif Anda, semakin tinggi kemungkinan Anda untuk membangun brand dalam media sosial. Anda bisa aktif dengan saling memberikan komentar di akun media sosial calon customer Anda, memberikan reward, atau melakukan posting di forum.

  1. Commerce

via kevin-bouskila.com

Terakhir, ada Commerce yang melengkapi strategi 3C. Kegiatan inilah yang sebenarnya perlu dilakukan di media sosial. Namun, Anda harus berhati-hati dalam mengemas pesan yang berjualan ini. Promo bisa sesekali Anda berikan, Anda juga bisa menggunakan iklan berbayar. Boleh memang, tapi jangan keseringan sampai lupa dengan fungsi media sosial itu sendiri.

Nggak ada orang yang suka melihat iklan di media sosial secara terang-terangan. Maka dari itu, bangunlah engagement, atur konten kreatif dan berkualitas yang mungkin akan disukai, sambil sisipkan pesan-pesan commerce di dalam konten tersebut. Ajukan pertanyaan pada calon customer Anda, kemudian tanggapi jawabannya. Bangun interaksi. Adanya brand yang ingin Anda kenalkan adalah sebagai solusi. Untuk itu setiap kali berjualan di media sosial, jangan cuma menawarkan harga yaa, tapi tawarkan solusi.

Baca juga: Nggak Asal Eksis, Invesitasi di Social Media Itu Perlu. 5 Taktik Ini Layak Ditiru!

Sedikit informasi dan tips yang bisa Kanefood berikan, semoga bisa menginspirasi dan bermanfaat untuk bisnis yang Anda jalankan. Semangat berkarya!

Sumber:
Startupbisnis.com

A.K

1 Comment

  1. […] Baca juga: Strategi 3C (Content, Communitiy, Commerce) untuk Media Sosial agar Brand Makin Dikenal […]

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Chat dg Kami