5 Cara Branding Lewat Instagram yang Belum Anda Tahu
November 19, 2016
6 Manfaat Fanpage untuk Bisnis Online
December 3, 2016

Taklukan Emosi, Hadapi Feedback Pelanggan dengan Bijak

Feedback atau umpan balik dari pelanggan sangat beragam. Ada yang baik, ada yang kurang baik. Sebagai pebisnis atau pewirausaha, Anda harus bisa mengelola emosi Anda sehingga tidak mudah tersulut atas feedback yang kurang baik. Hmmm gimana caranya ya?

Ketika dikritik, artinya pelanggan perhatian dengan bisnis Anda

Kritikan pelanggan jangan diabaikan apalagi dimasukkan ke dalam hati sehingga membuat Anda patah semangat. Justru, kritik dari pelanggan dapat membangun bisnis Anda menjadi lebih baik. Untuk memancing agar bisnis Anda lebih baik bahkan ada baiknya Anda yang menanyakan kepada pelanggan, apakah ada saran atau kritik terhadap bisnis Anda.

Tingkatkan kualitas, agar pelanggan puas

Opini dari pelanggan terhadap bisnis Anda adalah opini yang sebenarnya sangat Anda butuhkan. Jika Anda bisa mengelola emosi dan bersikap bijaksana, Anda sebaiknya memperbaiki bisnis Anda. Meningkatkan kualitas produk atau jasa Anda tanpa mengubah visi dan misi Anda.

Pertahankan hubungan dan hargai loyalitas

Anda tidak harus serta-merta menuruti apa yang dikatakan atau apa yang dimau oleh pelanggan Anda. Anda juga tidak bisa serta-merta menolak saran dan kritik pelanggan Anda. Utamanya ketika kritik tersebut sangat pedas sehingga menyulut emosi Anda, ingatlah bahwa hubungan yang telah Anda bangun dengan pelanggan harus dipertahankan. Jika pelanggan Anda memiliki unek-unek terhadap bisnis Anda, itu adalah tanda dari sebuah loyalitas. Anda sebaiknya menghargai setiap feedback dari pelanggan Anda.

Bisnis berkembang, pelanggan senang

Sedikit demi sedikit perubahan yang Anda lakukan berasal dari feedback pelanggan, bukankah begitu?
Maka, fokuslah untuk terus mengembangkan bisnis Anda dan buatlah pelanggan Anda senang dan loyal. Singkirkan pikiran negatif terhadap pelanggan Anda meskipun itu tidak mungkin tidak ada.

Keberhasilan Anda sedikit banyak ditentukan oleh pelanggan Anda. So, don’t underestimate people ya. Kelola emosi Anda dan bijaklah dalam berbisnis.
Semangat berbisnis, semoga menginspirasi 😀

Inspirasi:
Dailysocial.id

Penulis:
A.K

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Chat dg Kami